Saturday, June 28, 2014

Google I/O Extended: Pembawa Acara Kelurahan, Naik Kelas!

Untuk yang Googley seperti saya, pasti tahu apa itu Google I/O. Itu loh, konferensi tahunan yang dibikin sama Google. Bahasan dari  konferensinya sebetulnya untuk para developer, tapi kegiatan ini cocok juga untuk para Google technologies enthusiast karena pada kegiatan ini Google mengumumkan apa saja terobosan baru, fitur baru dan produk/service baru yang mereka bikin.

Experiencing I/O Together
Google I/O diselenggarakan di Moscone Center, San Francisco, US. Tempat yang terkenal banget dan sering dipake untuk kegiatan-kegiatan bergengsi lainnya seperti Apple WWDC.

Nah karena kegiatannya diselenggarakan nan jauh disana, kita bisa menyaksikannya secara streaming lewat YouTube. Biar lebih seru, Google Developer Group (GDG) menginisiasi untuk bikin Google I/O Extended. Yaitu kegiatan nonton bareng keynote Google I/O.

Discussion panel adalah sesi pertama di Google I/O Extended Jakarta 2014 sebelum nonton bareng

Ini adalah tahun kedua bagi GDG Jakarta  untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Tahun lalu diselenggarakan di kampus Universitas Gunadarma di Depok, tahun ini di Gedungnya Indosat di Jakarta Pusat.

Sebelum nonton keynote, biasanya ada kegiatan dulu. Untuk extende kali ini, ada talkshow, live report dari tim Ziliun yang ikutan Google I/O disana dan ada berbagai game untuk bagi-bagi hadiah.

Juga bagi-bagi swags ke semua peserta yang hadir

Pembawa Acara Kelurahan, Naik Kelas!
Tahun lalu, saya masih di Bandung dan hanya bisa menyaksikan keseruan Google I/O sendirian. Kayanya di kantor yang dulu cuma saya aja deh yang suka begituan, makanya kaya seru sendiri gitu ga banyak yang bisa diajak ngobrol.

Nah di I/O kali ini saya seneng banget, saya seperti berada di lingkungan yang saya impikan. Orang-orang dengan ketertarik yang sama mengenai hal beginian. Dan seneng tambahannya lagi, saya dikasih kesempatan untuk bisa jadi pembawa acara di kegiatan ini.

Menyoal pengalaman membawakan suatu acara, ini bukan kali pertama. Tapi ini spesial, selain karena konten kegiatannya gue beud tapi juga karena ini skalanya lumayan gede. Pengalaman sebelumnya paling kegiatan pas di sekolah SMK di Sumedang. Belum pernah sih jadi pembawa acara acara kelurahan, itu mah judul aja. Biar lucu. Hehe


Bermimpilah, da gratis keleus!

Beberapa Indonesian yang ikutan langsung kegiatan Google I/O di San Fransico adalah koh Yansen, Mbak Putri dan Mas Benny. Saya kenal ketiganya dan hampir setiap hari ketemu. Wah mudah-mudahan kecipratan deh beruntungnya bisa hadir ke sana.

Mereka yang merupakan tim Ziliun, sedang melakukan tripnya di Amerika untuk mengunjungi berbagai daerah dan belajar dari berbagai startup di sana khususnya yang berada di sekitaran Silicon Valley.

Ketika menyaksikan Google I/O dengan seksama dan terkagum-kagum, kotak berkhayal saya mulai bekerja. Saya membayang-bayangkan bisa berada di sana. Tidak hanya membayangkan suatu saat saya bisa hadir di sana, tapi saya membayangkan menjadi salah satu yang menyampaikan keynote di panggung dan disaksikan jutaan mata dari seluruh dunia. Mimpinya ketinggian? Harus tinggi dong, kan mimpi masih gratis keles!

Terima kasih Google Student Ambassador 2014 untuk energinya yang luar biasa

Kesukseskan kegiatan Google I/O Extended kemarin ga luput dari bantuan temen-temen Google Student Ambassador 2014 yang bela-belain dateng walau hujan deras melanda Jakarta 2 jam sebelum kegiatan. Makasih yang luar biasa juga buat koh Alex dan Hanif buat design I/O nya yang luar biasa cetar! Sampai jumpa Google I/O tahun depan!


No comments :

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates