Tuesday, June 24, 2014

WIT 2014: Kita Butuh Banyak Pemain Lokal !


Ini adalah satu bukti lagi bahwa teknologi merubah banyak hal, termasuk merubah travel/toursim industry. Web in Travel (WIT) dinisiasi pertama kali oleh Shiw Hoon pada tahun 2005 dalam bentuk conference. Kini WIT Conference sudah diselenggarakan di Singapore, Thailand, Indonesia, Japan, Australia, Vietnam, Cambodia, Malaysia dan Philippines. Konferensinya bahasa soal travel technology,  juga disturbusi dan marketingnya.

Tahun ini (23/04), adalah tahun kedua WIT Conference diselenggarakan. Dan ini juga tahun kedua, Kibar menjadi local partner untuk penyelenggaraan kegiatan ini. Tapi, ini kali pertama saya terlibat dalam project WIT. Meskipun tidak terlalu banyak terlibat, tapi banyak banget insight baru yang saya dapat.


Lebih Banyak Bule!
Event ini sangat berbeda buat saya. Pertama, jumlah pembicaranya yang luar biasa banyak. Bayangkan! Jumlah pembicara mencapai hampir 50 orang. Bentuk kegiatan selang seling antara presentasi dan discussion panel. Setiap sesinya ga lebih dari 30 menit, makanya ga heran pembicaranya banyak

Yang menjadi pembicara dikegiatan ini didominasi oleh bule yang memang sudah lama berkecimpung di bidang ini. Pesertanya juga kebanyakan yang hadir adalah bule. Melihat kondisi seperti itu saya menjadi berpikiri dan berspekulasi. Jika yang datang ke kegiatan semalah segede dan sebergengsi ini kebanyakan bule, berarti industri pariwisata kita juga didominasi oleh bule dong?

WIT Indonesia dibuka dengan tari piring


Mhhh.. sepertinya saya tidak berspekulasi! Dari data yang saya dapatkan, Bali saja yang merupakan primadona pariwisata Indonesia, 80% investasi pariwisatanya dikuasai asing. Ya liat aja kalo pas ke Bali, sana-sini hotel yang berdiri megah sumegah adalah hotel-hotel dengan merk asing. Ya tidak heran sih, saat ini asing punya kekuatan modal yang gede.

Sebagai rakyat biasa, saya berharap kalo nanti industri pariwisata kita, juga bisa kita sendiri yang menguasai. Kita butuh banyak pemain lokal !

Peran pemerintah *pemilu mode on* sangat penting di sini, bagaimana memperkuat industri pariwisat di negeri sendiri. Lagi-lagi kita butuh pemimpin yang peduli !



Perfectionist!
Sesi yang paling asyik menurut saya sih sesinya bu Noni Purnomo, CEO nya Blue Bird Group

Venue kegiatan ini di Pullman Central Park. Hotelnya lebih megah dari hotel-hotel yang pernah saya kunjungi. Ga heran lah, acaranya internasional kan.

Pas kegiatan, paginya saya bantu di bagian registrasi. Bantu untuk print tagname karena banyak peserta yang name tagnya masih blank. Dari malam sebelumnya, saya sudah persiapkan template untuk diprintnya. Bikin templatenya agak susah sih karena ngira-ngira dan printernya beda dari printer yang biasa dipake. Eh.. paginya disuruh ganti sama orang WITnya, karena template kurang mirip dengan yang asli katanya. Saya kira ga bakal komentar sedetail itu!

Abis bantu diregistrasi, saya bantu di bagian FOH untuk bantu setting timer. Bukan pekerjaan yang sulit sih, tapi tantangannya adalah menahan (lagi-lagi) rasa kantuk.

Oh no! Muka ngantuk saya terdokumentasi. Sebelah saya yang pake jas adalah General Managernya WIT, rangkap jadi mandor timer juga. :p


Secara keseluruhan acaranya rapih sih. Dan saya salut sama timnya WIT, mereka itu timnya sedikit loh tapi bisa bikin acara segede, serapih dan bisa ngundang speaker hebat sebanyak itu. Mereka sangat detail untuk mencapai kesempuraan, saya harus belajar soal itu dari mereka!



No comments :

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates